Istri pemimpin oposisi Venezuela akan temui Wapres dan Ibu Negara AS

Antara

Washington (ANTARA) – Istri pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido, Fabiana Rosales akan menemui Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence di Gedung Putih pada Rabu.

Aktivis yang dianggap sebagai ibu negara Venezuela oleh pendukungnya itu, juga akan bertemu dengan Ibu Negara Melania Trump di Florida keesokan harinya, demikian informasi Gedung Putih.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk menunjukkan dukungan AS terhadap Guaido, kepala Majelis Nasional Venezuela, yang pada Januari mengajukan diri untuk menduduki kursi kepresidenan sementara. Guaido berpendapat bahwa terpilihnya kembali Presiden Nicolas Maduro pada pemilu 2018 tidak sah.

“Amerika Serikat bertekad untuk mendukung kepemimpinan Presiden sementara Guaido, saat dirinya memperjuangkan kebebasan dan menghidupkan kembali demokrasi bagi rakyat Venezuela,” menurut pernyataan Gedung Putih tentang pertemuan Pence dengan Rosales.

Sebagian besar negara Amerika Latin dan Barat mengakui Guaido sebagai pemimpin sah Venezuela. Maduro, yang masih memegang kendali fungsi negara dan militer Venezula, menyebut Guaido sebagai boneka Amerika Serikat.

Ibu Negara Melania Trump akan menyambut kedatangan Rosales, wartawan berusia 26 tahun, di resor pribadi Trump di Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida pada Kamis, kata juru bicara wanita ibu negara.

Rosales, yang menceritakan kepada Reuters bahwa sebelum kunjungan keluarga dan rekan-rekannya dibuntuti dan diancam, diperkirakan akan mengunjungi New York City dan Miami selama berada di AS.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Eliswan Azly
COPYRIGHT © ANTARA 2019