Ketua Pentagon : 1 miliar dolar AS dialihkan untuk tembok perbatasan

Washington (ANTARA) – Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengalihkan dana senilai 1 miliar dolar AS untuk merencanakan sekaligus membangun pembatas sepanjang 57 mil, sejumlah jalan dan penerangan di sepanjang perbatasan antara Amerika Serikat dan Meksiko, kata ketua Pentagon, Senin.

Pekan lalu, Pentagon memberi Kongres satu daftar yang mencakup proyek pembangunan senilai 12,8 miliar dolar AS yang katanya dana itu dapat dialihkan untuk pembangunan di sepanjang perbatasan AS-Meksiko.

Presiden AS Donald Trump, bulan lalu menyatakan status gawat darurat dalam upaya untuk mendanai tembok perbatasan yang dijanjikan tanpa mengantongi persetujuan Kongres.

Penjabat Menteri Pertahanan Patrick Shanahan dalam sebuah nota kepada Menteri Keamanan Dalam Negeri Kirstjen Nielsen mengatakan bahwa Departemen Pertahanan memilik kewenangan untuk mendukung aksi melawan narkoba di dekat perbatasan internasional.

Shanahan memberikan wewenang kepada para Insinyur Korps Militer AS untuk mulai merencanakan sekaligus mengeksekusi proyek yang akan melibatkan pembangunan pembatas sepanjang 57 mil dengan ketinggian sekitar 6 meter, pembangunan dan perbaikan jalan serta pemasangan penerangan di Yuma dan El Paso di perbatasan AS-Meksiko.

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Eliswan Azly
COPYRIGHT © ANTARA 2019