Militer AS tidak terlibat dalam penarikan diplomat dari Venezuela

Washington (ANTARA) – Militer Amerika Serikat belum diminta membantu penarikan personel diplomat AA dari Venezuela, kata panglima militer AS untuk kawasan itu kepada Reuters, dengan menambahkan mereka diperkirakan meninggalkan negara itu dengan pesawat komersial.

“Saat ini kami belum diminta untuk mendukung evakuasi,” kata Laksamana Craig Faller, kepala Komado Selatan Militer AS, dalam wawancara pada Selasa (12/3).

Venezuela memerintahkan para diplomat AS pada Selasa untuk meninggalkan negara itu dalam waktu 72 jam. Washington menyatakan telah memutuskan menarik diplomat-diplomat yang ada karena kondisi yang memburuk di Venezuela, yang telah mengalami pemadaman listrik terburuk dalam sejarah.

Utusan Khusus AS Elliott Abrams, yang berbicara Selasa pagi kepada wartawan di Departemen Luar Negeri, mengatakan penarikan para diplomat bukan perubahan dalam kebijakan AS atau pengurangan dalam komitmen AS kepada rakyat Venezuela.

Washington telah mengambl sikap untuk mengakui pemimpin oposisi Juan Guaido sebagai pemimpin yang sah Venezuela setelah ketua Kongres yang berusia 35 tahun itu menyatakan terpilihnya kembali Presiden Nicolas Maduro tahun 2018 diwarnai kecurangan dan mengumumkan kepresidenan sementara pada Januari. Sebagian besar negara-negara Eropa dan Amerika Latin mengikuti kebijakan yang diambil AS.
sumber: Reuters
Baca juga: AS akan tarik staf kedubes di Venezuela pekan ini
 

Pewarta: Mohamad Anthoni
Editor: Maria Dian A
COPYRIGHT © ANTARA 2019