Pemerintahan Trump terima sekutu Guaido sebagai utusan Venezuela di AS

Washington (ANTARA News) – Pemerintahan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, Ahad (27/1) , pihaknya telah menerima seorang perwakilan dari pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido sebagai wakil negara itu di AS.

Dalam satu pernyataan, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan Washington pada Jumat menerima Carlos Alfredo Vecchio, anggota oposisi Venezuela, sebagai utusan Guaido .

Vecchio diakui sebagai kuasa usaha pemerintah Venezuela untuk AS, dan akan memiliki otoritas terkait urusan diplomatik atas nama Venezuela di AS.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro menentang pembangkangan terhadap otoritasnya setelah Guaido menyatakan dirinya sebagai presiden sementara, dengan menyebut pemilihan telah berlangsung penuh kecurangan.

Guaido telah menerima dukungan internasional, termasuk dari AS. Pada Sabtu, diplomat tinggi militer Venezuela di Washington, Kolonel Jose Luis Silva, membelot dari pemerintahan Maduro.

Menurut laporan-laporan yang tersiar, Vecchio meninggalkan Venezuela pada 2014 setelah pemerintah memenjarakan pemimpin oposisi Leopoldo Lopez. 

Baca juga: Mike Pence sampaikan pesan dukungan untuk rakyat Venezuela

Sumber: Reuters
Penyunting: Mohamad Anthoni/Maria Dian A 

Pewarta:
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2019