Utusan AS, Rusia gelar pembicaraan Venezuela di Roma

Jakarta (ANTARA) – Perwakilan Khusus Amerika Serikat untuk Venezuela Elliott Abrams bersama Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov akan menggelar pertemuan di Roma pekan ini.

Keduanya akan membahas situasi di Venezuela, menurut diplomat dari masing-masing negara.

Venezuela merupakan sekutu dekat Rusia dan kini terkepung dalam kekacauan politik.

Amerika Serikat dan sejumlah besar negara Barat mendukung Juan Guaido, kepala Majelis Nasional yang dikendalikani oposisi. Guaido pada Januari mengajukan permohonan untuk menempati kursi kepresidenan sementara kepada konstitusi, sementara Rusia mengatakan Presiden Nicolas Maduro tetap satu-satunya pemimpin Venezuela yang sah.

Washington mengatakan Moskow sedang menopang pemerintahan Maduro. Namun sejumlah diplomat AS berpendapat bahwa mungkin ada satu titik di mana Rusia memutuskan bahwa pemerintahan Maduro tidak dapat diselamatkan.

Kantor Berita Rusia Interfax, Minggu, mengutip Ryabkov yang mengatakan bahwa pembicaraan inti dengan Abrams dilakukan pada hari pertama, yakni Selasa dan kedua pihak akan membahas bagaimana mereka dapat mendorong perundingan antara oposisi dan pemerintah Venezuela.

“Posisi Moskow dan Washington pada masalah ini sangat berlawanan, namun itu bukan alasan untuk tidak menggelar pembicaraan di antara keduanya,” demikian Interfax yang mengutip Ryabkov.

Sumber: Reuters
Baca juga: Moskow: bantuan AS buat Venezuela kemungkinan penggunaan kekuatan
Baca juga: Legislator Uni Eropa ditolak masuk ke Venezuela
Baca juga: PBB prihatin dengan sanksi AS terhadap Venezuela

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Maria Dian A
COPYRIGHT © ANTARA 2019